PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS LINGKUNGAN DAN TEKNOLOGI

Haryadi -, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Tadkiroatun Musfiroh, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suwardi Endaswara, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Media pembelajaran berbasis lingkungan dan teknologi diperlukan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Permasalahannya adalah bagaimana mengembang-kan media berbasis lingkungan dan teknologi yang tepat untuk pembelajaran bahasa Indonesia dan Jawa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) multy years yang dilakukan tiga tahun berturut-turut. Tahun pertama telah dihasilkan 2 storyboard media pembelajaran bahasa berbasis lingkungan dan 2 storyboard media pembelajaran bahasa berbasis teknologi. Penelitian tahun ke-2 telah menghasilkan 4 media, yakni media kartu kata, media menyimak dengan adobe mediaÀash, solikata, dan media menulis. Hasil uji-coba media yang dihasilkan menunjukkan hitungan: rerata 3,67 untuk media kartu kata (kategori baik), rerata 4,00 media diskusi adobe mediaÀash (kategori baik), rerata 3,7 untuk media solikata (kategori baik), dan rerata 3,65 untuk media berbahasa Jawa (kategori baik). Kelebihan media ini terletak pada inovasi dan fleksibiltas sasaran (SMP dan SMA), kemudahan evaluasi. Kekurangan media terdapat pada durasi. Seiring dengan selesainya produk dan uji coba, beberapa media disosialisasikan dalam bentuk artikel melalui majalah/jurnal penelitian. Tahap ketiga akan dilakukan desiminasi produk. Selanjutnya, media yang telah dihasilkan akan diajukan untuk mendapatkan HaKi.

Kata kunci : media, bahasa, lingkungan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v23i1.6621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Jurnal Diksi is published by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi

 

Our Journal has been Indexed by:

  

  

   

Diksi Journal is published by the Faculty of Languages and Arts Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)

Supervised by:


 
Translator
 
View My Stats