PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN PROSES SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 MAGELANG

Haryati Haryati, SMP Negeri 5 Magelang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran, motivasi, dan kemampuan menulis teks deskripsi melalui penerapan pendekatan proses siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Magelang tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, analisis dokumen, dan angket. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara trianggulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik deskriptif. Teknik analisis data kualitatif menggunakan deskriptif komparatif. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut. 1) Proses pembelajaran meningkat, 2) Motivasi menulis siswa meningkat.  3) Penerapan pendekatan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi. Pada kegiatan pratindakan siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 6 siswa (20%), Siklus I menjadi 13 siswa (43%), Siklus II meningkat menjadi 19 siswa (63%), Siklus III mencapai 29 siswa (97%). Adapun nilai rerata kemampuan menulis teks deskripsi siswa pada kegiatan pratindakan adalah 60, pada siklus I rerata 66,7, siklus II rerata70,8, dan siklus III rerata 78.

Kata Kunci: motivasi, kemampuan  menulis, teks deskripsi, pendekatan proses

 

 

IMPROVING MOTIVATION AND WRITING CAPABILITY OF TEXT DESCRIPTION THROUGH OF PROCESS APPROACH TO GRADE VII STUDENTS

OF SMP NEGERI 5 MAGELANG

 

ABSTRACT

This research aimed to improve the process learning, motivation and writing capability of writing the descriptive text through the implementation of the process approach of students of Class VII of SMP Negeri 5 Magelang. This research was a classroom action research. This action study was divided into three cycles. The research was conducted in SMP Negeri 5 Magelang in the academic year 2016/2017. The subjects were 30 students. Data collection techniques in this research used observation, interviews, tests, document analysis, and questionnaires. Testing the validity of data in this study was conducted by means of triangulation, namely by using triangulation of data sources and data collection methods. Data analysis techniques used were quantitative and qualitative techniques. Quantitative data analysis techniques used descriptive statistical techniques. Qualitative data analysis techniques used descriptive comparative. The results are presented as follows. 1) Learning process 2) Motivation to write descriptive texts. 3) The implementation of process approach could improve the capability of writing descriptive text. In preaction activities students who had completed learning reached 6 students (20%), in cycle I 13 students (43%), in cycle II 19 students (63%), and in cycle III 29 students (97%). The mean score of students' writing capability before treatment was 60, in cycle I 66.7, in cycle II 70.8, and in cycle III 78.

Keywords: motivation, writing capability, text description, process approach


Keywords


motivasi, kemampuan menulis, teks deskripsi, pendekatan proses

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S., Arsjad M. & H. Ridwan, S. 1988. Pembinaan Kemampuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alpian, M., & Suryaman, M. 2016. Pengaruh motivasi, keyakinan diri, dan persepsi siswa terhadap apresiasi karya sastra siswa SMP. LingTera, 3(1), 60-74. doi:http://dx.doi.org/10.21831/lt.v3i1.8663

Alwasilah, A.C. dan Alwasilah, S.S. 2013. Pokoknya menulis: Cara baru menulis dengan metode kolaborasi. Bandung: Kiblat.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Keraf, G. 1995. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah.

Korb, R. 2012. Motivating Defiant & Disruptive Students to Learn. California: Corwin

Mustafa, D., & Efendi, A. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Menulis Cerita Berbasis Pendekatan Proses bagi Siswa SMP. LingTera, 3(1), 1-8. doi:http://dx.doi.org/10.21831/lt.v3i1.8469

Sabet, M. K. & Abdorreza T. 2014. The Impact of Task-Based Approach On Iranian EFL Learners. Motivation In Writing Research Abstracts. English Department, University of Guilan, Rasht, Iran .ISSN 1798-4769 Journal of Language Teaching and Research, Vol. 5, No. 4, pp. 953-962, July 2014 © 2014 ACADEMY PUBLISHER Manufactured in Finland. doi:10.4304/jltr.5.4.953-962

Sanjana, W. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Jakarta.

Schunk, D.H. 2012. Teori-teori Pembelajaran. (Terjemahan Eva Hamdiah dan Rahmat Fajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Edisi asli diterbitkan th 2012 oleh Pearson Education. Inc. New Jersey Upper Saddle River).

Semi. A. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Shourafa, A.Al-.European Scientific Journal

October edition vol.8, No.22 ISSN: 1857–7881 (Print) e-ISSN 1857-7431. The effect of motivation on jordanian 10th grade students' writing skill in English. Professor at the Mutah University, Jordan-Alkarak

Sutama, I. M. 2016. Pembelajaran Menulis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H. G. 2013. Menulis sebagai suatu Kemampuan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Edisi Revisi.

Tompkins, G. E. 2010. Literacy for the 21st Century, a Ballanced Approach. Boston: Allyn Bacon. Ur, P. 2007. A Course in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Tompkins, G. E. & Hoskisson K. 1995. Language Arts Content and Teaching Strategies. New Jersey: Merrill an imprint of Pentice Hall.

Trim, B. 2016. Menulis Pedia: Panduan Menulis untuk Mereka yang Insyaf Menulis. Bandung: Nuansa Cendekia.

Wardhana, W. A. 2007. Menyingkap Rahasia jadi Penulis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wlodkowski, R. J. & Jaynes, J. H. 2004. Hasrat untuk Belajar (Membantu Anak-anak Termotivasi dan Mencintai Belajar). Terjemahan Nur Setiyo Budi Widarto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Edisi asli diterbitkan dengan judul Eager to learn).

Zainurrahman. 2011. Menulis: Dari Teori hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v25i2.15665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Jurnal Diksi is published by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi

 

Our Journal has been Indexed by:

  

  

   

Diksi Journal is published by the Faculty of Languages and Arts Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)

Supervised by:


 
Translator
 
View My Stats